Hitungan Premi TLO dan All Risk Garda Oto

On 21 Aug., 2019

Selain memikirkan pilihan kendaraan, Anda harus mempertimbangkan tentang proses klaim asuransi mobil. Hal ini patut dipertimbangkan agar pemilik kendaraan sadar terhadap risiko sehingga melakukan pencegahan dengan membeli asuransi.

Hitungan Premi TLO dan All Risk Garda Oto

Selain memikirkan pilihan kendaraan, Anda harus mempertimbangkan tentang proses klaim asuransi mobil. Hal ini patut dipertimbangkan agar pemilik kendaraan sadar terhadap risiko sehingga melakukan pencegahan dengan membeli asuransi. Agar mendapatkan kenyamanan dalam memilih produk asuransi, sebaiknya Anda mempertimbangkan waktu operasi Garda Oto sebagai pihak penyedia asuransi terbaik.

Ketentuan premi telah diatur oleh otoritas jasa keuangan (OJK) sehingga tida ada perang tarif yang membuat para calon nasabah merasa terkecoh. Aturan tersebut telah dituliskan ke Surat Edaran OJK perihal penetapan besaran premi berdasarkan waktu operasi Garda Oto dan tarif premi. Dalam penentuan wilayah operasi, meliputi Wilayah I Sumatera, Kepulauan Riau, dan sekitarnya; Wilayah II Banten, Jakarta, dan Jawa Barat; dan Wilayah III tidak terdata di Wilayah I maupun II.

Baca juga: penawaran Garda Oto untuk nasabah

Dalam menentukan premi tidak hanya dari penentuan wilayah semata, melainkan harga jual kendaraan. Perlu diingat jika makin mahal kendaraan, berarti persentase preminya makin kecil. Perusahaan asuransi kendaraan pun wajib menerapkan premi tambahan sebagai biaya atas risiko, minimal Rp300.000 per kasus.

Dalam penindaklanjutak sebuah asuransi terhadap kendaraan, maka ada dua jenis proteksi yang diberikan: asuransi TLO dan All Risk. Berikut ini ada penjelasan lengkapnya.

  1. Premi Asuransi TLO

Sebagai permisalan, Octa tinggal di Jakarta baru membeli mobil seharga Rp170.000.000. Karena tidak ingin mengambil risiko, maka Octa mengasuransikan mobil dengan pilihan TLO.

  • Premi asuransi TLO digunakan dengan kisaran harga mobil mulai dari Rp125.000.000 hingga Rp200.000.000. Persentase sebesar 0,44% hingga 0,53% diterapkan di Jakarta.
  • Kepada pihak pemberi asuransi akan memberikan premi sebesar 0,49%.
  • Jika dihitung, maka hasil yang didapat adalah 04,9 × Rp200.000.000 = Rp980.000.

Baca juga: Klaim asuransi kendaraan kini jauh lebih mudah

Andaikan suatu saat nanti Octa mengalami musibah, seperti kecelakaan berat atau kehilangan kendaraan. Pihak asuransi akan mengganti rugi berdasarkan harga mobil sejak pertama kali dibeli. Ketentuan yang diberlakukan, sebagai berikut:

  • Masa berlaku dari asuransi TLO selama satu tahun dan uang tanggungan jaminan perlahan-lahan akan berkurang di tahun berikutnya.
  • Penurunan uang tanggungan jaminan tersebut dilihat dari harga mobil yang makin tahun mengalami penurunan. Dengan begitu ketika membayar premi di tahun selanjutnya, Anda harus cek kesesuaian antara premi, harga mobil, dan uang tanggungan jaminannya.
  1. Premi Asuransi All Risk

Premi kedua ini dibayarkan lebih besar sehingga mendapat manfaat lebih banyak. Hitungan preminya, adalah:

  • Besaran premi asuransi All Risk dengan harga mobil Rp200.000.000 wilayah Jakarta persentasenya: 2,47% hingga 2,72%.
  • Misalkan pihak asuransi menetapkan premi asuransi 2,5%, maka pembayarannya sebesar Rp5.000.000 per tahun untuk asuransi.

 

Referensi:

http://asuransikendaraanonlineterbaik.wagomu.id/e75167.html https://mediaasuransi72.kinja.com/cari-asuransi-mobil-termurah-1832890786 https://findery.com/bhuryhan12/notes/mudik-lebih-dari-8-jam-perhatikan-kondisi

Read more...